tiroid

kelenjar endoktrin pada manusia yang terletak di leher yang menghasilkan hormon tiroksin yang berfungsi sebagai pengatur kecepatan metabolisme dalam tubuh.

tiroid (Wikipedia)
Kelenjar tiroid
Illu endocrine system.jpg
Kelenjar endokrin
Illu thyroid parathyroid.jpg
Tiroid dan paratiroid
Rincian
Arterisuperior thyroid artery, inferior thyroid artery, thyreoidea ima,accessory thyroid arteries from oesophageal and tracheal branches
Venasuperior thyroid vein, middle thyroid vein, inferior thyroid vein,kocher's vein or 4th thyroid vein
Sarafsympathetic system middle cervical ganglion, inferior cervical ganglion
Limfaprelaryngeal, pretracheal, jugulo-diagastric groups of lymph nodes
Pengenal
Latinglandula thyroidea
MeSHA06.407.900
Dorlands
/Elsevier
Thyroid gland
TAA11.3.00.001
FMA9603
Terminologi anatomi

Kelenjar tiroid adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini dapat ditemui di bagian depan leher, sedikit di bawah laring. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Kelenjar tiroid dapat distimulasi dan menjadi lebih besar oleh epoprostenol.

Tiroid mengeluarkan dua hormon penting, yaitu:

Triodotironin dan Tiroksin mengatur laju metabolisme dengan cara mengalir bersama darah dan memicu sel untuk mengubah lebih banyak glukosa.

Jika Tiroid mengeluarkan terlalu sedikit Triodotironin dan Tiroksin (Hipotiridisme), maka tubuh akan merasa kedinginan, letih, kulit mengering dan berat badan bertambah. Sebaliknya jika terlalu banyak (Hipertiroidisme), tubuh akan berkeringat, merasa gelisah, tidak bisa diam dan berat badan akan berkurang.