Terapi oksigen

perawatan yang menyediakan tambahan oksigen, gas yang dibutuhkan agar tubuh Anda bekerja dengan baik.

Biasanya, paru-paru menyerap oksigen dari udara. Namun, beberapa penyakit dan kondisi dapat menghalangi Anda untuk mendapatkan oksigen yang cukup. Terapi oksigen dapat membantu memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup oksigen, yang dapat membantu tubuh Anda berfungsi lebih baik dan lebih aktif.

Oksigen diberikan dalam silinder logam atau tempat lainnya. Oksigen mengalir melalui tabung dan dikirim ke paru-paru Anda dengan salah satu cara berikut:

  • Melalui kanula hidung, yang terdiri dari dua tabung plastik kecil, atau prong, yang ditempatkan di kedua lubang hidung.
  • Melalui masker wajah, yang ditempatkan di hidung dan mulut.
  • Melalui trakeostomi yaitu lubang yang dibuat dengan operasi yang melewati bagian depan leher ke batang tenggorokan Anda. Sebuah selang pernapasan ditempatkan dalam lubang itu untuk membantu Anda bernapas. Oksigen yang disampaikan dengan cara ini disebut terapi oksigen transtrakheal.

Terapi oksigen dapat dilakukan di rumah sakit, klinik, atau rumah. Jika Anda membutuhkan terapi oksigen untuk penyakit kronis, Anda mungkin menerima terapi oksigen di rumah.