paru

Alat pernapasan, untuk pertukaran gas O2-CO2 dan sebaliknya, ada dua buah dalam rongga dada, paru kiri dan paru kanan. Paru kiri tdrdiri dari 2 baga, paru kanan memiliki 3 baga. Kedua paru berhubungan dengan tekak melalui pangkal dan batang tenggorok. Paru-paru mengandung kira-kira 300 juta gelembung paru (alveolus), tempat terjadinya pertukaran O2 dari hemoglobin dan CO2 untuk diikat hemoglobin

paru (Wikipedia)
Paru-paru
Heart-and-lungs.jpg
Paru-paru menyampingi jantung dan pembuluh darah besar dalam rongga dada
Lungs.gif
Udara masuk dan keluar ke dan dari paru-paru melalui sebuah jalur cartilaginous — yang dikenal dengan nama bronchi dan bronchioles. Pada gambar ini, bagian dalam paru-paru tissue telah dibuka untuk menampilkan bronchioles!
Pengenal
TA A06.5.01.001
FMA 68877
Terminologi anatomi

Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara. Fungsinya adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Prosesnya disebut "pernapasan eksternal" atau bernapas. Paru-paru juga mempunyai fungsi nonrespirasi. Istilah kedokteran yang berhubungan dengan paru-paru sering mulai di pulmo-, dari kata Latin pulmones untuk paru-paru.