Osteoartritis

Osteoartritis (OA) ; peradangan sendi yang menyebabkan nyeri, pembengkakan dan gerakan berkurang pada sendi Anda. Semua sendi dapat terpengaruh oleh OA, tetapi terutama persendian pada tangan, lutut, pinggul atau tulang belakang.

OA adalah bentuk paling umum dari artritis yang disebabkan oleh pecahnya tulang rawan di sendi Anda. Tulang rawan adalah jaringan licin yang menutupi ujung tulang pada sendi. Tulang rawan yang sehat berperan sebagai peredam kejut gerakan. Bila Anda kehilangan tulang rawan, tulang-tulang Anda bergesekan. Seiring waktu, gesekan ini secara permanen dapat merusak sendi.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan osteoartritis termasuk:

  • kelebihan berat badan
  • penuaan
  • cedera

Perawatan yang dapat mengurangi rasa sakit osteoarthritis dan meningkatkan fungsi sendi termasuk olahraga, kontrol berat badan, istirahat, penghilang rasa sakit, terapi alternatif dan operasi.

Osteoartritis (Wikipedia)
Osteoartritis
Gonarthrose-Knorpelaufbrauch.jpg
Klasifikasi dan rujukan luar
Spesialisasifamily medicine[*], Rematologi
ICD-10M15.-M19., M47.
ICD-9-CM715
OMIM165720
DiseasesDB9313
MedlinePlus000423
eMedicinemed/1682 orthoped/427 pmr/93 radio/492
Patient UKOsteoartritis
MeSHD010003

Osteoartritis (OA, dikenal juga sebagai artritis degeneratif, penyakit degeneratif sendi) adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.

Osteoartritis terdiri atas "osteoartritis primer" yang dikenal juga sebagai artritis degeneratif atau penyakit degeneratif sendi, dan "osteoartritis sekunder" yang disebabkan oleh trauma tropisme atau cedera.

Pada sendi, suatu jaringan tulang rawan yang biasa disebut "kartilago" biasanya menutup ujung-ujung tulang penyusun sendi. Suatu lapisan cairan yang disebut cairan sinovial terletak di antara tulang-tulang tersebut dan bertindak sebagai bahan pelumas yang mencegah ujung-ujung tulang tersebut bergesekan dan saling mengikis satu sama lain.

Pada kondisi kekurangan cairan sinovial lapisan kartilago yang menutup ujung tulang akan bergesekan satu sama lain. Gesekan tersebut akan membuat lapisan tersebut semakin tipis dan pada akhirnya akan menimbulkan rasa nyeri.