Megakolon

usus besar yang membengkak abnormal, disebabkan oleh ulcerative colitis, Penyakit Hirschsprung, penyakit Chagas atau penyakit neurologis, penyakit sistemik dan metabolik. Gejala-gejalanya termasuk sembelit yang parah, bengkak dan nyeri perut, demam dan takikardia. Pada kasus yang parah, kotoran menjadi massa keras di dalam usus besar, yang membutuhkan pembedahan untuk dihapus.

Megakolon (Wikipedia)
Megakolon
Klasifikasi dan rujukan luar
SpesialisasiGastroenterologi
ICD-10K59.3
ICD-9-CM564.7
DiseasesDB32198
eMedicinemed/1417
MeSHD008531

Megakolon adalah sebuah keadaan abnormal dari kolon (juga disebut intestin besar). Keadaan tersebut seringkali disertai dengan paralisis dari gerakan peristaltik dari pencernaan. Dalam kasus yang lebih ekstrim, feses terbentuk dalam keadaan keras pada kolom, yang disebut fekaloma (artinya tumor fekal), yang memerlukan pembedahan untuk menghilangkannya.

Kolon manusia dianggap membesar secara abnormal jika itu memiliki diameter lebih dari 12 cm dalam cecum (ukurannya biasanya kurang dari 9 cm), lebih dari 6.5 cm dalam kawasan rectosigmoid dan lebih dari 8 cm pada kolon teraskendi. Kolon transverse biasanya berdiameter kurang dari 6 cm.

Megakolon dapat menajdi akut atau kronis. Ini juga dapat terklasifikasikan menurut sebabnya.