Lutut

sendi terbesar dalam tubuh dan salah satu yang paling kompleks. Lutut merupakan pertemuan tulang paha (femur) dengan tulang kering (tibia) dan tulang betis (fibula) yang ditutup oleh tempurung lutut (patela). Ketiga tulang itu saling dihubungkan dengan ligamen. Ada empat ligamen utama pada lutut yang bertindak seperti ikatan yang kuat untuk menjaga stabilitas lutut:

  • Ligamen krusiata posterior dan anterior : berada di dalam sendi lutut, saling bersilangan membentuk huruf “X” dengan ligamen anterior di depan dan ligamen posterior di belakang.
  • Ligamen kolateral medial dan lateral:  berada di sisi lutut,  ligamen medial menghubungkan tulang paha dengan tulang kering sedangkan ligamen lateral  menghubungkan tulang paha dengan tulang tulang. Ligamen kolateral mengontrol gerakan ke samping dan menahan gerakan yang tidak biasa.
Lutut (Wikipedia)
Diagram lutut manusia

Dalam anatomi manusia, lutut adalah sendi yang menghubungkan femur dan tibia. Karena pada manusia lutut menyokong hampir seluruh berat tubuh, lutut sangat rentan baik terhadap cedera akut maupun timbulnya osteoarthritis.