Kerongkongan

esofagus; tabung yang menghubungkan faring (tenggorokan) dengan lambung. Kerongkongan terletak di antara trakea (pipa udara) dan tulang belakang, melewati bawah leher, menembus diafragma sedikit di sebelah kiri garis tengah, dan bergabung dengan ujung atas perut. Pada orang dewasa, kerongkongan memiliki panjang sekitar 25 cm. Ketika seseorang menelan, otot dinding kerongkongan berkontraksi untuk mendorong makanan ke dalam lambung. Kelenjar lapisan lendir kerongkongan menjaga lorong tetap lembab dan memudahkan menelan.

Kerongkongan (Wikipedia)
Bagan posisi esofagus pada manusia, dilihat dari belakang

Esofagus (dari bahasa Yunani: οiσω, oeso - "membawa", dan έφαγον, phagus - "memakan") atau kerongkongan adalah tabung (tube) berotot pada vertebrata yang dilalui sewaktu makanan mengalir dari bagian mulut ke dalam lambung. Makanan berjalan melalui esofagus dengan menggunakan proses peristaltik.

Esofagus bertemu dengan faring – yang menghubungkan esofagus dengan rongga mulut – pada ruas ke-6 tulang belakang. Menurut histologi, esofagus dibagi menjadi tiga bagian: bagian superior (sebagian besar adalah otot rangka), bagian tengah (campuran otot rangka dan otot polos), serta bagian inferior (terutama terdiri dari otot polos).

Pada beberapa penyakit kronis seperti pada Sirosis Hati, pembuluh darah esofagus bisa mengalami pelebaran yang di sebut varises esofagus.