Homeopati

sistem pengobatan yang melibatkan terapi individu dengan zat yang sangat diencerkan, diberikan terutama dalam bentuk tablet, dengan tujuan memicu sistem alami tubuh untuk penyembuhan. Setiap pasien diberi obat yang paling sesuai menurut gejala spesifik yang dikeluhkan.

Homeopati didasarkan pada prinsip mengobati penyakit dengan yang sejenis. Zat yang menyebabkan gejala-gejala bila diambil dalam dosis besar dapat digunakan dalam jumlah kecil untuk mengobati gejala-gejala tersebut. Misalnya, minum kopi terlalu banyak dapat menyebabkan sulit tidur dan agitasi. Pengobatan homeopati adalah menggunakan kopi dalam dosis kecil untuk mengobati orang dengan gejalanya. Konsep ini kadang-kadang juga digunakan dalam pengobatan konvensional. Misalnya, stimulan Ritalin digunakan untuk mengobati pasien dengan ADHD, atau dosis kecil alergen seperti serbuk sari kadang-kadang digunakan untuk mengurangi kepekaan pasien alergi. Namun, perbedaan utama dengan obat-obatan homeopati adalah bahwa zat yang digunakan sangat diencerkan sehingga tidak beracun. Obat homeopati dipersiapkan oleh apoteker spesialis menggunakan proses pengenceran dan pengocokan khusus.

Homeopati (Wikipedia)

Homeopati adalah pengobatan alternatif yang diciptakan oleh Samuel Hahnemann pada abad ke-18. Teori dasar di balik homeopati adalah bahwa orang sakit dapat disembuhkan dengan menggunakan efek pantulan substansi yang menghasilkan gejala sakit pada orang sehat. Homeopati dipersiapkan dengan menambahkan banyak air dalam suatu substansi, mengocoknya, lalu mengambil sedikit air, menambahkannya ke banyak air, mengocoknya, dan proses ini diulang-ulang hingga 200 kali dalam beberapa pengobatan. Hahnmemann mengatakan ini akan mengeluarkan "kekuatan penyembuh yang ada pada obat".

Orang-orang skeptik meragukan pengobatan ini. Mereka mengaku bahwa orang merasa lebih baik setelah diterapi homeopati karena mereka merasa akan sembuh, suatu keadaan yang dikenal dengan istilah "efek plasebo." Banyak ilmuwan juga tidak percaya dengan homeopati karena bertentangan dengan ilmu fisika dan kimia.