Flu Singapura

penyakit infeksi virus RNA yang umumnya menyerang anak-anak usia di bawah 5 tahun, meskipun juga dapat menjangkiti orang dewasa. Penularan dari orang-ke-orang melalui jalur fekal-oral, droplet pernapasan dan kontak tidak langsung.

Gejala flu singapura mencakup demam ringan 2-3 hari, diikuti faringitis, nafsu makan menurun, pilek, gejala mirip flu lainnya. Gejala khasnya adalah ruam di telapak tangan dan kaki serta sariawan di area mulut (lidah, gusi, pipi sebelah dalam) yang membuat sakit saat menelan. Penyakit ini umumnya membaik sendiri (self-limiting) dalam 7-10 hari.

Flu Singapura (Wikipedia)

Flu Singapura adalah penyakit berjangkit infeksi yang disebabkan oleh virus RNA yang masuk dalam familia Picornaviridae (bahasa Spanyol Pico:kecil), Genus Enterovirus (non Polio). Dalam dunia kedokteran, Flu Singapura dikenal sebagai Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut (KTM). Di dalam Genus Enterovirus terdiri dari virus Coxsackie A, virus Coxsackie B, Echovirus dan Enterovirus. Penyebab KTM yang paling sering pada pasien rawat jalan adalah Coxsackie A16, sedangkan yang sering memerlukan perawatan karena keadaannya lebih berat atau ada komplikasi sampai meninggal adalah Enterovirus 71. Berbagai enterovirus dapat menyebabkan berbagai penyakit.