Demam

(juga disebut pireksia); suhu abnormal tubuh. Demam umumnya menunjukkan bahwa ada proses abnormal yang terjadi dalam tubuh.

Demam secara teknis didefinisikan sebagai suhu tubuh di atas normal 37 derajat Celcius. Dalam prakteknya, seseorang biasanya tidak dianggap memiliki demam yang signifikan hingga suhunya di atas 38 derajat C.

Demam (Wikipedia)
Demam
Clinical thermometer 38.7.JPG
Termometer kedokteran analog yang menunjukan suhu 38,7 °C atau 101,7 °F
ICD-10ICD10 R 50 r 50
ICD-9ICD9 780.6
DiseasesDB18924
MedlinePlus003090
eMedicinemed/785
MeSHD005334

Demam adalah suatu keadaan saat suhu badan melebihi 37oC yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Demam juga merupakan pertanda bahwa sel antibodi manusia ( sel darah putih ) sedang melawan suatu virus atau bakteri. Anak yang memiliki suhu tinggi karena suhu tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan sawan. Demam yang melebihi 3 hari mungkin merupakan malaria atau penyakit yang disebabkan oleh nyamuk lainnya.Penanganan demam biasanya dengan diberikan obat anti piretik seperti parasetamol atau ibuprofen.

Demam memang menjadi sebuah masalah yang hampir semua orang pasti mengalaminya, bahkan gejala demam ini telah memakan banyak korban jika tidak ditangani dengan baik. Ada banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk menurunkan suhu tubuh saat demam. Salah satunya adalah dengan mandi menggunakan air hangat, kompres air hangat pada bagian ketiak dan lipatan paha, konsumsi banyak cairan (banyak minum) beristirahat total ataupun mengkonsumsi makanan bergizi.