Dehidrasi

Dehidrasi berarti tubuh Anda tidak memiliki cairan sebanyak yang seharusnya. Dehidrasi dapat disebabkan oleh kehilangan cairan terlalu banyak, tidak cukup minum, atau keduanya. Muntah dan diare adalah penyebab umum dehidrasi. Olahraga, cuaca panas, penyakit ginjal, dan obat-obatan (diuretik) juga dapat menyebabkan dehidrasi.

Dehidrasi (Wikipedia)
Dehidrasi
Klasifikasi dan rujukan luar
ICD-10 E86.
ICD-9-CM 276.51
DiseasesDB 3520
MedlinePlus 000982
eMedicine article/801012
MeSH D003681

Dalam ilmu fisiologi, dehidrasi adalah kondisi di mana terjadi kekurangan kandungan air pada tubuh secara keseluruhan, disertai dengan gangguan proses metabolisme tubuh. Dehidrasi juga dapat menyebabkan gangguan keseimbangan zat elektrolit di dalam tubuh, seperti hipernatremia (tingginya kandungan ion natrium di dalam darah).

Dehidrasi muncul ketika air yang keluar dari tubuh jumlahnya melebihi air yang masuk, umumnya karena olahraga atau penyakit, namun juga dapat disebabkan karena cuaca tinggi. Kebanyakan orang dapat mentoleransi 3 s/d 4 persen penurunan kandungan air di dalam tubuh tanpa mengalami gejala gangguan kesehatan. Penurunan 5 s/d 8 persen dapat menyebabkan rasa lelah dan pusing-pusing. Kekurangan lebih dari 10% kandungan air di tubuh dapat menyebabkan penurunan kemampuan fisik dan jiwa, ditambah rasa haus yang sangat tinggi. Kematian dapat muncul pada kondisi tubuh kekurangan antara 15 s/d 25 persen dari kandungan air di tubuh.

Dehidrasi ringan umumnya ditandai dengan rasa haus dan kurang enak badan, serta umumnya dapat disembuhkan dengan rehidrasi (minum air).