asidosis

Kondisi dimana keasaman tubuh sudah terlalu tinggi sehingga tubuh rentan terhadap penyakit. Gejala awal asidosis adalah sering sakit kepala (migren), asma, sinusitis, mudah alergi, sering pilek, batuk, flu, jerawat, bisul, sering sakit maag, kembung atau sembelit, keputihan, napas dan keringat bau, sering nyeri otot dan persendian, lesu kronis dan kelebihan berat badan.

asidosis (Wikipedia)
Asidosis
Klasifikasi dan rujukan luar
ICD-10E87.2
ICD-9-CM276.2
DiseasesDB87
MedlinePlus001181

Asidosis adalah proses peningkatan kadar asam di dalam darah atau jaringan tubuh lainnya. Dalam kata lain, terjadi proses peningkatan konsentrasi ion hidrogen. Istilah ini khususnya mengacu kepada kadar asam di dalam plasma darah.

Istilah "asidemia" mendeskripsikan kadar pH darah yang rendah, sementara "asidosis" mendeskripsikan proses yang mengakibatkan hal tersebut. Meskipun begitu, kedua istilah ini seringkali digunakan secara bergantian.

Asidosis terjadi ketika pH serum lebih rendah dari 7,35 (kecuali pada fetus, sementara lawannya, alkalosis, terjadi apabila pH lebih tinggi dari 7,45. Tes gas darah arterial dan tes-tes lainnya diperlukan untuk memisahkan penyebab utamanya.

Tingkat aktivitas metabolis seluler mempengaruhi dan pada saat yang sama dipengaruhi oleh pH dalam cairan tubuh. Dalam hewan mamalia, pH darah arteri yang normal berkisar antara 7,35 hingga 7,50 (sementara pada manusia berkisar antara 7,35 hingga 7,45). Perubahan pH darah arteri di luar rentang ini dapat mengakibatkan kerusakan sel.

Beberapa gejala yang terkait dengan asidosis adalah sakit kepala, rasa lelah, tremor, mengantuk, asteriksis dan disfungsi otak besar yang dapat memicu koma apabila tidak segera ditanggulangi.