Adenoviridae

Adenovirus; famili dari virus DNA dengan genom untai ganda, umumnya dengan suatu jangkauan host yang sempit, dan ditransfer oleh transmisi langsung atau tak langsung; juga termasuk genus Mastadenovirus.

Adenoviridae (Wikipedia)
Adenovirus
Adenovirus.jpg
Adenovirus berbentuk ikosahedral
Klasifikasi virus
Grup:Grup I (dsDNA)
Ordo:Unassigned
Famili:Adenoviridae
Genera

Adenoviridae adalah keluarga virus yang memiliki inang vertebrata. Bentuk virus ini ikosahedral dengan diameter virion 70-100 nm dan genom 36-38kb. Adenoviridae memiliki dua genus yaitu Mastadenovirus dan Aviadenovirus.

Jenis virus ini pertama kali ditemukan oleh Rowe pada tahun 1953. Adenoviridae banyak menginfeksi manusia dan menjadi laten pada jaringan limfoid, namun juga memiliki kemampuan onkogenesis pada hewan coba rodensia. Adenoviridae kebanyakan menyerang anak-anak dan orang militer dengan menginfeksi saluran pernapasan, infeksi pada mata, radang kantung kemih yang menyebabkan hematuria, serta encephalitis.

Pengobatan biasanya jarang dilakukan untuk umum, vaksin oral atenuasi hanya diberikan pada militer.Antiviral yang biasa diberikan untuk mengobati adalah cidofovir ribavirin, namun hasilnya tidak terlalu menjanjikan. Pemberian vaksin hidup dapat menyebabkan penyebaran infeksi.