adenoma

Tumor jinak yang dimulai dalam sel-sel mirip kelenjar dari jaringan epitel, yakni lapisan tipis dari jaringan yang meliputi kulit, organ-organ, kelenjar, dan struktur lainnya dalam tubuh.

adenoma (Wikipedia)
Salah satu penampakan sel yang menderita Adenoma

Adenoma adalah tumor jinak yang dimulai dalam sel-sel mirip kelenjar dari jaringan epitel, yakni lapisan tipis dari jaringan yang meliputi kulit, organ-organ, kelenjar, dan struktur lainnya dalam tubuh. Adenoma berasal dari kata adeno yang berarti berkaitan dengan kelenjar. Adenoma juga dapat dikatakan sebagai tumor tetapi tidak mencapai kanker karena pertumbuhannya yang cukup lambat. Walaupun berada pada kelenjar, adenoma bukanlah bagian dari kelenjar melainkan hasil ekskresi dari kelenjar tersebut. Ada beberapa macam adenoma yakni adenoma basofilik, adenoma sebaseum, adenoma kromofob, dan adenoma kolorektal, sesuai dengan nama jaringan tempat terjadinya adenoma.

Ada beberapa organ yang terpengaruh karena adenoma seperti usus besar, kelenjar di bawah otak, kelenjar tiroid, payudara, dan kelenjar adrenal yang menyebabkan sindrom cushing. Adenoma juga dapat bertumbuh di ginjal dan sel ini dapat berkembang menjadi sel kanker. Selain organ tersebut, ada beberapa bagian tubuh lain yang dapat menderita adenoma tetapi jarang ditemukan seperti hati, usus buntu, dan paru-paru.