Y chromosome

kromosom 5ek5 yang hanya ditemukan pada jenis kelamin heterogamet (lakilaki). Kromosom ini lebih pendek daripada kromosom X dan membawa gen utama yang lebih sedikit.

yabapox

penyakit virus yang disebabkan oleh virus pox yang mengakibatkan pertumbuhan seperti tumor di subkutan pada monyet Afrika; infeksi pada manusia terjadi secara kebetulan serta ditunjukkan dengan nodul pada kulit yang terlokalisir dan dapat pecah dengan sendirinya.

yatapoxvirus

genus virus subfamili chordopoxvirinae (famili Poxviridae) yang meliputi virus tanapox dan virus tumor kera Yaba.

yawning

involuntar dalam dengan mulut terbuka, diikuti gerakan meregang biasa disebut hiation dan oscitation.

yaws

penyakit tropis endemis berasal dari Treponema pertenue, yang menyerang anak di bawah 15 tahun dan menjangkit lewat kontak langsung dengan kulit.

yellow

termasuk warna primer dengan panjang gelombang 571,5 sampai 578,5 milimikron dengan zat atau cat warna menghasilkan warna kuning.

yellow fever

demam kuning; Sebuah penyakit hemorrhagik virus akut. Virus ini berupa sebuah virus RNA sebesar 40 hingga 50 nm dengan indera positif dari keluarga Flaviviridae. Virus demam kuning ini ditularkan melalui gigitan nyamuk betina (nyamuk demam kuning, Aedes aegypti, dan spesies lain) dan ditemukan di kawasan tropis dan subtropis di Amerika Selatan dan Afrika, namun tidak […]

yersinia

jenis mikroorganisme gram negative yang menimbulkan penyakit pada manusia dan hewan.

yersinieae

sistem klasifikasi, tribus bakteri gram- negatif, fakultatif anaerob yang berbentuk batang dari famili entero- bacteriaceae yang terdiri atas genus tunggal Yersinia.

yersiniosis

suatu infeksi disebabkan oleh bakteri dari genus yersinia, khususnya yersinia enterocolitica yang ditandai gejala gastroenteritis, limfa denitis me senterika akut pada anak-anak dan arthritis, septicemia dan eritema nodosum pada orang dewasa.