H2-blocker

obat yang digunakan untuk mengobati penyakit gastroesophageal reflux (GERD) yang menurunkan jumlah asam yang dibuat oleh lambung. Lapisan lambung memiliki situs yang bereaksi terhadap bahan kimia yang biasanya ditemukan di tubuh yang disebut histamin. Ketika histamin menempel ke situs-situs itu, lambung memproduksi asam yang membantu dalam pencernaan makanan. H2-blocker mencegah lambung bereaksi terhadap histamin, sehingga […]

HAA

hepatitisassociated antigen, antigen yang berhubungan dengan penyakit hepatitis

habenula

(habenula, habeno-tali kekang) 1. Salah satu struktur koklea. 2. Daerah yang terletak di bagian dorsomedial talamus, bagian epitalamus.

Habitat

jenis lingkungan di mana suatu organisme atau kelompok organisme biasanya hidup atau hadir.

habituasi

(habituation) Ketagihan, ketergantungan mental pada sesuatu.

habituation

adaptasi berkelanjutan terhadap rangsangan atau lingkungan; kondisi yang disebabkan dari mengkonsumsi obat yang terusmenerus secara berulang-ulang, namun tidak diiringi kecenderungan untuk meningkatkan dosisnya.

Habitus

bentuk fisik atau bangun tubuh/postur. Sebagai contoh, terapi kortikosteroid dapat menghasilkan habitus cushingoid yang berkarakteristik wajah rembulan (moon face), “punuk kerbau” di bagian belakang leher, dan obesitas.

haematemesis

muntah darah. Haematemesis dapat berbentuk muntahan yang berwarna merah terang atau cokelat kehitaman dengan gambaran seperti “ampas kopi”. Perdarahan biasanya terjadi dalam saluran cerna. Penyebabnya meliputi ulkus peptikum, varises, neoplasma, erosi karena obat dan kelainan pembekuan kendati darah yang tertelan dari bagian lain juga dapat dimuntahkan.